Senin, 10 Oktober 2022

ABSTRAK ARTIKEL

PEMBELAJARAN BERBASIS PROJECT BASED LEARNING

METODE MIND MAPPING UNTUK PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA 

Kurniyanti Puji Handini, S.E., M.Pd

SMK Negeri 2 Trenggalek

bestian1212@gmail.com

ABSTRAK

Metode pembelajaran sangat penting bagi seorang guru agar pembelajaran bisa mencapai hasil yang maksimal. Peneliti ingin mengetahui apakah pembelajaran dengan menggunakan media peta konsep bisa meningkatkan minat belajar pada siswa. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 2  Trenggalek tepatnya di Kelas XI Akuntansi dan Keuangan Lembaga .  Karena ini merupakan tindakan kelas maka penelitian dilakukan dimana  guru mengajar pada kelas tersebut. Untuk pengambilan data digunakan dua angket yaitu angket aktifitas dan soal penilaian.  Angket aktifitas untuk melihat keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar dan untuk melihat tingkat kerjasama siswa. Sedangkan angket penilaian untuk melihat hasil belajar siswa dalam dua siklus. Dari hasil penelitian ternyata bahwa pembelajaran  Berbasis Projects Based Learning Melalui Metode Mind Mapping kemauan siswa dan hasil belajar siswa terbukti meningkat.  Peningkatan keaktifan anak dari siklus I sampai dengan siklus II yaitu : 70,00%  sampai 100%, peningkatan kooperatif  anak dari siklus I ke siklus II sampai dengan siklus III yaitu : 72,25% sampai 100%, peningkatan nilai anak dari siklus I sampai dengan siklus II yaitu : 67,50%  sampai 100%. Penelitian ini diharapkan dapat berkembang dan bermanfaat untuk meningkatkan hasil proses belajar mengajar

[u1] 

Kata Kunci: Projects Based Learning, Mind Mapping, Prestasi Belajar, Akuntansi Keuangan


ABSTRACT

Learning methods are very important for a teacher so that learning can achieve maximum results. Researchers want to know whether learning using concept map media can increase student interest in learning. This research was conducted at SMK Negeri 2 Trenggalek, precisely in Class XI Accounting and Institutional Finance. Because this is a classroom action, the research was conducted where the teacher taught the class. For data collection, two questionnaires were used, namely activity questionnaires and assessment questions. Activity questionnaire to see the activeness of students in the teaching and learning process and to see the level of student cooperation. While the assessment questionnaire to see student learning outcomes in two cycles. From the results of the study, it turned out that Projects Based Learning Through the Mind Mapping Method, students' willingness and student learning outcomes were proven to increase. The increase in children's activity from cycle I to cycle II, namely: 70.00% to 100%, increasing cooperative children from cycle I to cycle II to cycle III, namely: 72.25% to 100%, increasing children's grades from cycle I to cycle III. with the second cycle, namely: 67.50% to 100%. This research is expected to develop and be useful for improving the results of the teaching and learning process

 

Keywords: Projects Based Learning, Mind Mapping, Learning achievement, Financial Accounting

 


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar