PEMBELAJARAN BERBASIS PROJECT BASED LEARNING
METODE MIND MAPPING UNTUK PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA
Kurniyanti Puji Handini, S.E., M.Pd
SMK Negeri 2 Trenggalek
bestian1212@gmail.com
ABSTRAK
Metode pembelajaran
sangat penting bagi seorang guru agar pembelajaran bisa mencapai hasil yang
maksimal. Peneliti ingin mengetahui apakah pembelajaran dengan menggunakan
media peta konsep bisa meningkatkan minat belajar pada siswa. Penelitian ini
dilakukan di SMK Negeri 2 Trenggalek
tepatnya di Kelas XI Akuntansi dan Keuangan Lembaga . Karena ini merupakan tindakan kelas maka
penelitian dilakukan dimana guru
mengajar pada kelas tersebut. Untuk pengambilan data digunakan dua angket yaitu
angket aktifitas dan soal penilaian.
Angket aktifitas untuk melihat keaktifan siswa dalam proses belajar
mengajar dan untuk melihat tingkat kerjasama siswa. Sedangkan angket penilaian
untuk melihat hasil belajar siswa dalam dua siklus. Dari hasil penelitian
ternyata bahwa pembelajaran Berbasis
Projects Based Learning Melalui Metode Mind Mapping kemauan siswa dan hasil
belajar siswa terbukti meningkat.
Peningkatan keaktifan anak dari siklus I sampai dengan siklus II yaitu :
70,00% sampai 100%, peningkatan
kooperatif anak dari siklus I ke siklus
II sampai dengan siklus III yaitu : 72,25% sampai 100%, peningkatan nilai anak
dari siklus I sampai dengan siklus II yaitu : 67,50% sampai 100%. Penelitian ini diharapkan dapat
berkembang dan bermanfaat untuk meningkatkan hasil proses belajar mengajar
Kata Kunci: Projects Based Learning, Mind Mapping, Prestasi Belajar,
Akuntansi Keuangan
ABSTRACT
Learning methods are very important for a teacher so that learning can
achieve maximum results. Researchers want to know whether learning using
concept map media can increase student interest in learning. This research was
conducted at SMK Negeri 2 Trenggalek, precisely in Class XI Accounting and
Institutional Finance. Because this is a classroom action, the research was
conducted where the teacher taught the class. For data collection, two
questionnaires were used, namely activity questionnaires and assessment
questions. Activity questionnaire to see the activeness of students in the
teaching and learning process and to see the level of student cooperation.
While the assessment questionnaire to see student learning outcomes in two
cycles. From the results of the study, it turned out that Projects Based
Learning Through the Mind Mapping Method, students' willingness and student
learning outcomes were proven to increase. The increase in children's activity
from cycle I to cycle II, namely: 70.00% to 100%, increasing cooperative
children from cycle I to cycle II to cycle III, namely: 72.25% to 100%,
increasing children's grades from cycle I to cycle III. with the second cycle, namely:
67.50% to 100%. This research is expected to develop and be useful for
improving the results of the teaching and learning process
Tidak ada komentar:
Posting Komentar